Bagian-Bagian Body Kamera DSLR


Nah kali ini gak bakal panjang lebar kok, cuman sekedar review & jelasin pokok-pokoknya aja guys tentang bagian-bagian kamera DSLR. Yah padahal gue sendiri belum punya, yah tapi berbagi kan apa salahnya ? hehehehe yah gak :D ? Tapi maaf banget nih guys, gue ngambil contohnya pake Sony Alpha series, why ? kenapa gak Canon ? Kenapa gak Nikon ? Karena di serie ini banyak feature yang harus diketahui oleh para newbie kaya gue :).

Oh yah guys, tiap kamera DSLR beda-beda loh body nya. Jangankan karena beda merk, yang beda merk pun kadang bisa beda jauh, yah walaupun intinya sih sama. OK Lets start guys !!!

klik to zoom

Front Side

1. Lensa
Nah inilah lebihnya DSLR, zoom dan fokus bisa kita atur secara manual (walaupun otomatis juga bisa sih :P ). Kita juga bisa mengubah jenis-jenis lensa sesuai kebutuhan kita, misalnya : Clasic Lense, Fishe eye Lense, Super Wide angel lense dan sebagainya (baca : Jenis-jenis Lensa pada kamera DSLR di blog ini yah :D ). Tapi ingat setiap DSLR dan lensa memilik perbedaan mount, jadi kalau kita ingin membeli lensa pastikan size mount kamera dan lensanya sama, dan ingat juga biarpun ukuran mount sudah sama belum tentu juga cocok, maka itu perlu teliti sebelum membeli.

2. Grip

Grip adalah bagian menonjol dibagian kanan kamera yang berfungsi sebagai pegangan kamera supaya kita bisa memegangnya dengan kuat. Di dalam Grip terdapat batere kamera loh.

3. Shutter & Dial

Tombol shutter berguna untuk mengambil bidikan sedangkan tombol dial berfungsi untuk mengatur kecepatan aperature (diafragma)

4. Tembol Lensa

Fungsinya untuk memisahkan kamera dari lensa dan menahan beban lensa saat menyatu dengan kamera DSLR.

5. Shut Mode Button

Atau yang biasa disebut tombol modus pemotretan, berguna untuk mengatur mode-mode pemotretan yang kita inginkan (untuk selengkap nya baca disini guys )

6. Built in Flash Light

Merupakan lampu flash internal, lumayan sih buat penerangan tapi jeleknya hanya bisa menghadap ke satu arah.

to be continued dulu deh guys, ngantuuuuk… Besok dilanjtin kok :)

its time for update

Back Side

Back Side

1. Viewfinder

Viewfinder merupakan istilah lain dari jendela bidik. Jadi, apapun output yang kita lihat akan sama hasilny jika dilihat via viewfinder atau LCD. Di viewfinder ini juga terdapat informasi-informasi seputarkecepatan rana, titik fokus, histogram dan sebagai nya. Nah dibagian viewfinder ada bantalan karet sebagai penahan mata yang disebut eye piece, fungsinya untuk menahan cahaya yang masuk ke viewfinder supaya objek benar-benar real.

2. Monitor LCD

Monitor LCD disini berfungsi menjadi 3 fungsi. Pertama yang sudah pasti adalah fungsi nnya untuk melihat hasil gambar yang sudah kita ambil. Kedua, fungsinya untuk melihat info-info dan setingan pada kamera. Dan yang terakhir adalah sebagai fungsi Live View. Feature Live View fungsinya sama seperti viewfinder yang berfungsi sebagai alat melihat objek yang kita bidik.

3. Tombol Navigasi

Fungsinya untuk mengendalikan seting kamera & membantu kita melihat photo yang sudah diambil. Tiap DSLR berbeda-beda dalam menampilkan fitur ini. Ada yang berbentuk scroll (yang ada di gambar), bentuk analog & tombol 4 arah biasa. Namun yang gue pakai buat contoh ini adalah yang versi tombol 8 arah di Sony Alpha 300 guys.

4. Tombol AV (Exposure Compensation)

Fungsinya untuk mengatur kompensasi pencahayaan.

5. Tombol Fn

Merupakan salah satu tombol pengaturan menu, bisa digunakan untuk seting white balance & Matering etc.

6. Tombol Zoom

Fungsinya bukan untuk meng-Zoom gambar pada saat kita membidik via viewfinder or LCD loh guys. Tapi disini berfungsi untuk meng-Zoom Out/In foto yang sudah kita ambil di tampilan LCD.

7. Tombol Anti Goyang

Atau yang biasa disebut dengan istilah AntiShake Button.

8. Tombol Play

untuk merubah dari mode siap potret ke mode preview

9. Tombol Power

Gak usah dijelasin ini mah :p

10. Tombol Hapus

Apalagi ini, masa perlu dijelasin hehehehhe

Side View

1. Tilt LCD

Nah, fitur inilah yang mau gue tampilin. Tilting LCD merupakan fitur penekukan LCD supaya bisa lebih fleksibel ketika kita mengambil foto dalam posisi sudut pandang atas, sudut pandang sejajar dan juga sudut pandang bawah.

2. Slot Memory Card

Fungsinya untuk menaruh Memory Card.

3. Dioptri Scroll

Fungsinya untuk menyesuaikan pandangan di viewfinder pengguna SLR yang mempunyai gangguan dioptri pada matanya.

4. HotShoe

Fungsinya adalah sebagai dudukan external flash.

Nah gimana guys ? Puas ? Bantu komentar & Rate postingan in yah :)

 

Baca juga:

  1. Apa itu kamera SLR…?
  2. Perbedaan Sensor CCD & CMOS

Mas ijin copas!

Copas yah gan!

Copas yah gan buat tugas kuliah!

 Saya gak larang kok :) DemiAllah saya senang ilmu yang saya bagikan bisa bermanfaat & itu malah menjadi semangat saya untuk posting di blog ini kedepannya. Alhamdulillah blog ini sudah bertahan kurang-lebih 3 tahun. Tapi kalau mau menggunakan artikel yang saya posting di blog ini apa harus FULL COPY CUT….? Yah saya tau meskipun nama saya & blog saya tercantum di blog atau tugas kuliah teman-teman. Tapi haruskah seperti itu ? Harus kah rasa kreatifitas bangsa ini mengalami jalan buntu hanya sekedar untuk tombol ctrl+c, ctrl+x & ctrl+v. Percayalah teman-teman, walau postingan ini disalin SELURUHNYA dengan ijin atau nama blog saya, saya tetap merasa miris karen hasil usaha saya sebegitu mudah terpindahkan, saya miris dengan kebiasaan buruk dari hal-hal “sepele” yang sudah dianggap biasa oleh bangsa ini. STOP FULL COPY CUT! :)

About these ads

41 gagasan untuk “Bagian-Bagian Body Kamera DSLR

  1. kalo saran ane:
    *blog nya jangan terlalu panjang gan scroll ke bawah nya …agan bisa bikin per halaman mungkin untuk tiap sub topik nya ….
    *sama kombinasi warnanya kurang asik menurut ane gan…backgroun nya pilih warna cerah mungkil lebih asik di liat nya

  2. OYAH GAN
    cAMERA yg paling bagus DSLR ATAU SLR
    nah tuh kan ada tipe nya juga tuhh

    nah yg mana yg paling bagus ??
    w mau beli nihh
    pi ragu yg mana yg harus w pilihh

  3. saya br punya kamera nih…Nikon D90,yg mau saya tanyakan,disitu ada tombol yg bertuliskan BKT…..mohon pencerahannya yah…makasih

    • atur di mode shuter speed (S) broow, tentukan kecepatan rananya sesuka hati. Kalo terlalu cepat-misal 1/300- gambar bakal ke frezze tp kalo lambat- misal 30s- gambar akan lambat & bulb :D

  4. WAh thank’s gan atas informasinya saya sangat terbantu dah atas info² nya
    ijin copas yah gan buat di pelajari
    HEHEHHH :D

  5. knpa ya mas tiap sy foto bagian yg kena sinar/chaya itu hasilnya di LCD kmera jdi kelap kelip dibgian yg kena cahaya , sy bru bljr jga nih pke kamera nikon d90…

  6. Ping-balik: Cara Kerja kamera DSLR / SLR | Tommy Votograph

  7. Ping-balik: Perbedaan Sensor CCD & CMOS | Tommy Votograph

  8. Ping-balik: Apa itu kamera SLR…? | Tommy Votograph

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s