Perbedaan Sensor CCD & CMOS


http://tommyutomo.files.wordpress.com/2011/07/arrow2.gif?w=16 Instagram facebook like

 

Posting ke 4 nih guys..

Kalau di postingan sebelumnya gue cuman mengenalkan 2 jenis sensor yang ada pada Digital SLR. Nah karena berhubung barusan juga sudah janji bakal ngejelasin, langsung buru-buru aja deh Googling sebentar hehehehhe😀

Tadi sih gue udah Googling-googling, seperti biasa gue sharing disini pake bahasa gue sendiri yah, yang 1/4informal, 3/4 formal & abformal sisanya.

Jadi intinya sensor CMOS dan CCD adalah suatu bagian dari kamera yang berbentuk chip yang fungsinya mengubah cahaya menjadi elektron supaya bisa di simpan dan di proses oleh kamera itu sendiri. CMOS & CCD keduanya merupakan sensor yang berisi jutaan pixel untuk menangkap foton cahaya.

Lalu, apa bedanya ?

Nah mungkin lo semua juga nanya hal yang sama kaya gue guys, gue pun sebenarnya masih sedikit kurang faham, mohon maaf yah kalo ada kesalahan info.

Sensor CMOS (complementary metal oxide semiconductor)

https://i1.wp.com/kamera-gue.web.id/wp-content/uploads/2010/02/cmos.gif

Plus :

  • praktis, keping sensor sudah termasuk rangkaian ADC (camera on a chip)
  • hemat daya berkat integrasi sistem
  • kecepatan proses responsif  (berkat parralel readout structure)
  • tiap piksel punya transistor sendiri sehingga terhindar dari masalah smearing atau blooming

Minus :

  • proses pematangan teknologi (untuk menyamai kualitas CCD perlu biaya besar)
  • piksel dengan transistor didalamnya menurunkan sensitivitas piksel (area penerima cahaya menjadi berkurang)
  • piksel yang mampu mengeluarkan tegangan sendiri kurang baik dalam hal keseragaman kinerja (uniformity)


Sensor CCD (charge coupled device)

https://i1.wp.com/kamera-gue.web.id/wp-content/uploads/2010/02/cmos.gif

Plus :

  • matang secara teknologi
  • desain sensor sederhana (lebih murah)
  • sensitivitas tinggi (termasuk dynamic range)
  • tiap piksel punya kinerja yang sama (uniform)

Minus :

  • desain sistem keseluruhan (CCD plus ADC) jadi lebih rumit dan boros daya
  • kecepatan proses keseluruhan lebih lambat dibanding CMOS
  • sensitif terhadap smearing atau blooming (kebocoran piksel) saat menangkap cahaya terang

_____________________________________________________________________

Baik sensor CCD maupun sensor CMOS, keduanya sudah cukup lama dikembangkan meski pada awalnya kualitas CMOS memang kalah dibanding dengan CCD. Maka itu CCD awalnya lebih diutamakan untuk dipakai pada kamera digital sementara CMOS hanya ditujukan untuk dipakai di kamera ponsel. Lambat laun riset telah berhasil meningkatkan kualitas sensor CMOS dengan harapan bisa menyamai kualitas sensor CCD. Kini sensor CCD sendiri justru mulai dikembangkan untuk kamera ponsel, sebaliknya sensor CMOS yang semakin disempurnakan mulai diterapkan di kamera digital. Persilangan ini menandakan sudah tidak lagi ada perbedaan berarti dalam hal kualitas gambar antara keduanya. Kini pada kamera DSLR kelas menengah dan atas saat ini sudah memakai sensor CMOS, sementara DSLR ekonomis masih memakai CCD. Sebagian besar kamera non DSLR masih memakai sensor CCD.

Jadi, baik sensor CCD maupun CMOS memang berbeda total secara desain. CCD punya keunggulan dalam hal sensitivitas meski berpotensi terganggu saat berhadapan dengan cahaya terang. CMOS unggul dalam hal kecepatan hingga lebih cocok dipakai di kamera dengan fps (burst) tinggi. Namun keduanya sudah didesain untuk sanggup memberikan hasil foto yang berkualitas tinggi, jadi fokuskan saja pilihan pada hal-hal lain seperti memilih lensa yang berkualitas dan melatih teknik memotret yang baik.

Kira-kira seperti ini perbedaannya

https://i0.wp.com/lh5.ggpht.com/_5B0P4OcVUGI/SYNJqMj10zI/AAAAAAAAAIg/o-B7Ue0OEXc/%5BUNSET%5D.jpg

hasilnya,

https://i2.wp.com/farm4.static.flickr.com/3084/3849827912_7888c74a5a_o.jpg

Karena, masih belum terlalu ngeti & takut salah menyampaikan sesuatu, sebagian besar gue salin dari http://erwinmulyadi.co.cc/2010/03/antara-sensor-ccd-dan-cmos/  dengan informasi-informasi tambahan yang gue rasa perlu :))

Keyword yang dicari:

pengertian sensor kamera, sensor kamera DSLR, sensor full frame kamera DSLR, perbedaan sensor CCD & sensor CMOS, kelebihan sensor CCD, Kelebihan sensor CMOS, cara kerja sensor CCD, Cara kerja sensor CMOS


Baca juga :

Cara Kerja kamera DSLR / SLR

Bagian-Bagian Body Kamera DSLR

7 thoughts on “Perbedaan Sensor CCD & CMOS

  1. blog nya membantu saya yg masih newbie dalam fotografi, jadi fokuskan saja pilihan pada hal-hal lain seperti memilih lensa yang berkualitas dan melatih teknik memotret yang baik. itu yg membuat saya semakin mantap dalam memilih material yg saya butuhkan, semangat untuk selalu posting treat bermutu sob

    • terimakasih mas, saya juga sangat awam loh heheheh megang SLR pun sekedar minjem… Makasih yah atas kunjungannya🙂

  2. Ping balik: Cara Kerja kamera DSLR / SLR | Tommy Votograph

  3. Ping balik: Bagian-Bagian Body Kamera DSLR | Tommy Votograph

  4. Ping balik: Kamera DSLR Pemula Terbaik di tahun 2014 (bagian 2) | Tommy Votograph

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s