Perbedaan Lensa Zoom dengan Lensa Fix (Prime)


http://tommyutomo.files.wordpress.com/2011/07/arrow2.gif?w=16 Instagram facebook like

Setelah cukup panjang lebar di postingan saya sebelumnya tentang Jenis-Jenis Lensa Pada Kamera DSLR, dipostingan itu saya masih belum menjelaskan jenis lensa DSLR berdasarkan mekanisme Zoomnya.

Lensa Zoom adalah lensa adalah lensa yang memiliki rentang jarak focus (focal length). Misalnya lensa kit 18-55mm, itu artinya lensa tersebut mampu menangkap objek lebar sebesar 18mm hingga telephoto mini sebesar 55mm. Lensa Zoom biasanya memiliki 2 bagian ring, satu untuk zoom & satu lagi untuk mencari fokus.

Namun sayangnya untuk lensa jenis ini memiliki bukaan/ aperture-nya tida bisa semaksimum lensa fix (prime). Selain itu aperture maksimum pada jenis lensa ini tidak semuanya sama bisa digunakan pada jarak fokus tertentu (zoom). Namun fasilitas zoom yang disediakan tentu membantu kita saat proses pengambilan gambar.

contoh lensa zoom :  AF-S DX Zoom-Nikkor 18-55mm f/3.5-5.6G ED II

https://i1.wp.com/cdn-4.nikon-cdn.com/en_INC/IMG/Assets/Camera-Lenses/2010/2170_AF-S-DX-Zoom-NIKKOR-18-55mm-f-3.5-5.6G-ED-II/Views/353_2170-AFS_DX_18-55II_Gray.png

Sedangkan Lensa Fix atau biasa disebut Lensa Prime adalah kebalikan dari lensa Zoom. Lensa Fix adalah lensa yang tidak memiliki rentang jarak fokus, lebih singkatnya lensa jenis ini adalah lensa tanpa fasilitas zoom. Jarak fokusnya hanya tertuju satu arah, maka dari itu lensa ini hanya memiliki satu ring fokus di bagian bodynya. Jadi kita harus berpindah-pindah untuk mendapatkan angle dari objek yang kita foto.

https://i2.wp.com/cdn-4.nikon-cdn.com/en_INC/o/1lscfwoeqib1ct2embFJCGz2arM/Views/353_2200_40mm_front.png

Namun yang menjadi kelebihan lensa ini karena tidak memiliki fasilitas zoom adalah bukaan aperturenya lebih besar dari lensa zoom. Hal ini juga membuat harganya sedikit lebih murah. Namun jangan takut kualitasnya jelek, karena lensa jenis ini sangat cocok untuk mencari DOF & bokeh dengan bukaannya yang besar. Bodynya pun lebih kecil jika dibadingkan dengan lensa zoom.

Namun meski memiliki satu jarak fokus saja, ada berbagai macam jenis lensa fix berdasarkan jarak fokusnya yang sudah disesuaikan. Mulai dari lensa fix dengan jangkauan 18mm, hingga ada lensa fix buatan Nikkor yang mampu menangkap objek dengan jarak fokus 600mm.

contoh lensa fix :  AF-S DX Micro-NIKKOR
40mm f/2.8G

Bagaimana ? Sudahkah postingan ini membantu teman-teman yang membacanya ? d^^, hehehehe

Baca juga :

  1. #Hematografi , Seni Memilih Alat-Alat fotografi secara Hemat, Tepat & Cermat
  2. Jenis-Jenis Lensa pada Kamera DSLR
  3. Membuat Foto Low Light dengan Lilin yang Artistik

12 thoughts on “Perbedaan Lensa Zoom dengan Lensa Fix (Prime)

  1. Ping balik: Jenis-Jenis Lensa pada Kamera DSLR « tommyVotoGraph Blog's

  2. Saya punya kamera poket a720 yang bisa dikasih adapter sehingga bisa di tambahkan lensa focus, apakah saya bisa mendapatkan DOF & bokeh dengan zoom bawaan kamera?

  3. Untuk pemula dengan kamera nikon D5100, suka dengan objek indoor dan outdoor cucoknya nambah lensa apa ya om?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s