Membuat Foto Low Light dengan Lilin yang Artistik


Foto dengan minim pencahayaan tidak selalu harus menggunakan peralatan strobist yang menghabiskan banyak uang. Cukup modal nekat & kreatifitas kita dalam mengatur konsep, pencahayaan & komposisi.

Seperti foto yang foto diatas, foto ini saya buat ketika banyak teman-teman di facebook yang mengucapkan selamat ulang tahun di ulang tahun saya yang ke 18, 10 Juli lalu. Karena males membalas kiriman dinding yang jumlahnya puluhan secara satu-satu, maka Biar foto yang bicara. Hehehehehe

Untuk gear nya sendiri ndak perlu yang aneh-aneh ko. Cuma DSLR (saya cuma pakai D5000 loh), lensa Kit 18-55mm VR, tripod & sebuah lilin.

Kenapa saya menggunakan tripod ? Gak lain dan gak bukan karena saya adalah model, fotografer sekaligus editornya (wah wah wah). karena fungsi saya disini ganda, saya juga menggunakan self timer untuk mempermudah pengambilan foto.

Oh yah selain itu gunakan juga wadah untuk menghindari tetesan lilin yang jatuh di tangan. Guanakan juga tisue karena nantinya si model pasti akan keringetan terlalu dekat dengan lilin. Sediakan juga ebotol softdrink, agar suasana tidak terlalu tegang. Hehehehe

Exposure

Saya melakukan pengambilan foto ini di ruangan yang kondisinya low light. Tinggal tutup pintu ataupun jendela, lalu matikan lampu diruangan tersebut.

Meskipun dalam ruangan gelap saya tidak terlalu over mengandalkan ISO yang tinggi, hal ini dilakukan untuk menghindari noise di sekitar cahaya lilin. Saya hanya menggunakan ISO 800, aperture f/4 & shuter speed 1/20. Shuteer speed yang sedikit lambat itu adalah jawaban saya menggunakan tripod, VR pada lensa saja belum cukup.

Selebihnya saya lebih mengandalkan exposure compensation yang saya ubah menjadi -3.3, tapi perlu diingat exposure compensation harus disesuaikan dengan intensitas kegelapan ruangan tersebut.

White ballance saya seting di Incandescentyang sangat cocok dengan cahaya lilin. Gunakan juga matering yang berpusat pada satu spot, yaitu lilin. Perlu diingat saya tidak menggunakan flash sama sekali. Hanya setingan diatas saja.

Komposisi

Untuk foto ini saya letakan lilin di bagian tengah. Karena saya berada di posisi kiri, sehingga di bagian kanan menjadi area yag netral. Foto pantulan cahaya lilin dari samping juga mempengaruhi kesan artistik. Sayang modelnya biar ganteng tapi ndak tau pose yang bagus, harus nya senyum datar, bukan senyum aneh begitu. Heheheheh

Manipulasi digital…?

Tentu! Tapi saya cuma mengatur level kontras nya saja ko di Photoshop.

Senang berbagi tutorialnya d^^,

Hargai karya orang lain, boleh copy paste legal, tapi bukan sekedar PLAGIAT !

Foto low light, strobist murah, foto cahaya lilin, foto artistik

Baca juga-> DSLR Hack – Mengambil Gambar dengan Tangan Kiri di kamera DSLR

2 thoughts on “Membuat Foto Low Light dengan Lilin yang Artistik

  1. Ping balik: Perbedaan Lensa Zoom dengan Lensa Fix (Prime) | Tommy Votograph

Tinggalkan Balasan

