Canon 70d Resmi Diluncurkan 2 Juli


Setelah Canon 60d diperkenalkan di kuartal II tahun 2010 sebagai digital SLR untuk seri Mid Range, akhirnya Canon pada tanggal 2 Juli 2013 resmi mengumumkan Canon EOS 70d. Canon EOS 70d didaulat sebagai pengganti EOS 60d untuk seri mid range. Sementara rivalnya, Nikon, telah lebih dulu meluncurkan seri d7100 5 bulan sebelumnya. (baca artikel saya : Klasifikasi Digital SLR berdasarkan tingkat penggunaannya) . Lalu fitur apa sajakah yang diperbaharui dari versi EOS 60d sebelumnya….?

di kutip dari camerasize.com

Perbandingan besar 60d & 70d. Dikutip dari camerasize.com

Upgrade Fitur

Jika pada 60d Canon menggunakan resolusi sebesar 18 MegaPixel maka di seri terbarunya Canon mengubah 70d menjadi 20 MegaPixel. Keduanya memiliki sensor frame    APS-C. Hanya terpaut sedikit untuk ukuran sensor, 70D: APS-C 22.5×15.0mm, sedangkan  60 d APS-C 22.3×14.9mm.

Sedangkan untuk urusan continous shoot 70d memiliki kecepatan 7fps atau dalam satu detiknya dapat mengambil gambar hingga 7 buah. Ini dirasa nyaman buat teman-teman yang hobi dengan fotografi olahraga. Untuk urusan kepekaan cahaya sendiri Canon memberikan rentang ISO antara 100 – 12800. Namun selayaknya Canon EOS yang selalu kalah dengan Nikon dalam masalah jumlah titik fokus, 70d hanya memiliki 19 titik fokus, kalah jauh dengan rivalnya, d7100, dengan 51 titik fokusnya.

Layar 70d bisa di flip out dan memiliki fitur touchscreen yang tidak ada di 60d. Ini sangat berguna untuk memudahkan kita mengambil angel foto yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dengan menggunakan fitur live view. Menariknya saat menggunakan fitur live view di layar kita hanya tinggal mengklik bagian yang ingin difokuskan, selebihnya akan blur.

Fitur andalan 70d adalah Dual Pixel CMOS Autofocus. Fitur ini dapat membuat akurasi dan kecepatan auto fokus mengunci suatu objek foto. Tak hanya itu,fitur ini dirasa sangat berguna saat merekam video untuk mengambil fokus secara terus menerus.

Berikut ini saya sertakan video dari WhatDigitalCamera dari Youtube yang me-review fitur 70d.

Buat teman-teman yang menggunakan 60d, sudahkah bersiap untuk upgrade….?😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s