Kelebihan dan kekurangan Nikon d3100


Pemberitahuan🙂

Setelah hampir dua tahun vacum dari blog ini dan beberapa blog saya lainnya, akhirnya saya memutuskan akan beralih ke blog baru:

TWUtomo.wordpress.com

Alsaan saya pindah ke blog baru tersebut adalah agar semua tulisan saya mengenai humaniora, teknologi dan fotografi dapat diakses di satu portal. Selama ini saya memisahkan anatara ketiga kategori tersebut dalam beberapa blog, namun dengan kondisi saya yang sekarang rasanya sistem multi blog tersebut sudah sulit diterapkan lagi. Namun yang patut saya apresiasi dari teman-teman blog ini ialah jumlah viewer hariannya masih diatas 600 per hari. Hebat! Sebuah teguran untuk saya agar tetap berbagi ilmu mengenai fotografi. Terimakasih teman-teman🙂

Mulai hari ini saya akan kembali aktif menulis di blog baru saya baik itu mengenai humaniora ataupun fotografi. Beberapa tulisan favorit juga akan saya perbaharui disana. Tenang saja, semua tulisan di blog ini tidak akan saya hapus🙂

flickr twuask fm twu ig twuwp twu

Oh yah, jika teman-teman merasa tertarik dengan tulisan-tulisan saya teman-teman tetap dapat terhubung dengan saya melalui instagram, email atau bahkan bertanya menganai fotografi di ask.fm saya? Silahkan🙂 Pintu itu akan selalu terbuka. Oh yah jangan lupa follow beberapa media sosial saya dibawah ini, mungkin suatu saat saya kurang responsif di blog ini, teman-teman bisa terhubung di media sosial saya yang lainnya. Sekedar info, saya kurang aktif di facebook & twitter, lebih sering menggunakan ask.fm, instagram & flickr. Salam.

Ada baiknya membaca ini :

 Kamera DSLR Pemula Terbaik di tahun 2014

 

Nikon D3100 resmi diumumkan pada Agustus, 2010. Kamera DSLR ini adalah jawaban dari Nikon untuk mengisi kelas entry level DSLR setelah sebelumnya diisi dengan pendahulunya, D3000. Banyak pembaharuan radikal yang diberikan pada body D3100 ini. Mulai dari sensor yang berubah menjadi 14 MP, LCD yang bisa digunakan saat melihat objek ataupun merekam video (live view LCD) bahkan hingga kemampuan merekam video berformat HD 1080p dengan maksimal 24 frame dalam tiap detiknya. Lalu fitur apalagi yang Nikon upgrade dalam d3100 ini…? Berikut ulasannya.

Body & Desain 

Nikon D3100 vs Canon EOS Rebel T3 Camera Size Comparison - Google Chrome

Dari segi ukuran tingginya hanya 9.6 cm dengan lebar 12.cm serta tebalnya mencapai 7.5cm merupakan DSLR paling kecil di segmen pemula yang Nikon buat, bahkan lebih kecil daripada saingannya, Canon 1100D. Jika 1100D dibuat dengan body plastik yang glossy (licin) terkesan lebih murah, Nikon D3100 memilki body yang solid & tekstur pada body yang lebih enak untuk digenggam meskipun tangan kita besar, tidak licin. Terlebih disediakan semacam karet dibagian jempol, jadi saat kita memegang kamera jempol kita tidak licin menahan beban kamera.

source : digesttouch

Dibagian atas body terdapat dialer exposure & tuas drive mode. Dialer exposure yang tersedia ialah full auto, advanced mode ( [P] , [S] , [A] & [M] ) , guide mode, serta auto exposure mode (babby, sport, macro, potrait, landscape, night). Sedangkan tuas drive mode dapat membuat kita memilih mode pemotretan. Apakah single shot (S), continuous shot (3 gambar per detik), self timer atau Quiet Shutter (suara saat shoot foto lebih pelan).

Di bagian belakang juga terpampang LCD 3″ serta tombol-tombol yang susunannya mirip Nikon D5000 serta tombol navigasi 4 arah untu mempermudah pengoperasian. Untuk mengaktifkan mode live view ada tuas live view plus tombol video mode (mirip D7000).

http://digital.digesttouch.com/

Sedangkan dibagian samping terdapat port yang ditutupi oleh karet penutup. Port yang disediakan ialah GPS unit, HDMI, USB dan AV.

LCD

hands-on-nikon-d3100-review_2

LCD berukuran 3.0″ dengan jenis TFT dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. LCD ini digunakan untuk menampilkan gambar, menyusun setingan kamera, mengaktifkan mode livew hingga membuat video pun menggunakan LCD ini. Tak hanya itu di layar ini disediakan guide mode yang ditujukan untuk pemula yang masih belajar fotografi. Kamera DSLR ini sangat cocok buat Anda yang masih pemula.

Fitur & Performa

Dalam body-nya, D3100 tidak memiliki built in motor foucs. Alhasil kamera ini hanya cocok untuk lensa yang memiliki focus pada mesin lensanya, misalnya lensa jenis AF-S. Lensa Nikon jenis AF-D masih bisa digunakan, namun tentunya fitur autofocus tidak bisa berfungsi. ISO maksimal yang bisa digunakan adalah 1600 yang dapat dipacu menjadi 3200. Fitur auto ISO khas Nikon juga disedaiakan. Fitur ini sangat membantu untuk menentukan ISO secara otomatis & kita bisa menset ulang berapa shutter speed & ISO minimal yang dapat digunakan.

meskipun berukuran kecil namun tetap nyaman saat digenggam

meskipun berukuran kecil namun tetap nyaman saat digenggam

Untuk urusan fokus disediakan 11 titik fokus yang tersebar di sensor kamera yang bisa kita pilih secara otomatis ataupun manual. Adanya fitur 3d tracking membuat kamera dapat mengunci fokus suatu objek meskipun ia berpindah-pindah. Saat kita menggunakan fitur live view, di LCD akan terpampang fitur pendeteksi wajah. Wajah akan diberi kotak kuning jika terdeteksi. Namun sayangnya tidak disediakan fitur bracketing dalam kamera ini. Fitur ini memungkinkan kita mengambil lebih dari satu foto namun dengan pengaturan eksposur yang berbeda-beda. Selain itu kamera ini juga hanya sanggup mengambil gambar 3fps atau 3 gambar secara continues selama tiap detiknya.

Menariknya seperti halnya kamera yang Nikon buat disediakan fitur in camera editing. Untuk sekedar teman-teman yang ingin mengedit sebatas croping, merubah resolusi, menyesuaikan brightness & kontrass, bahkan ada juga efek fish eye & banyak efek lainnya. Jadi, tidak melulu menggunakan komputer untuk mengedit bukan ?

Video

microphone pada bagian depan, berfungsi untuk merekam suara saat mode video

microphone pada bagian depan, berfungsi untuk merekam suara saat mode video

Kamera ini dibekali fitur perekam video setara 1080p. Kemampuan rekamnya tergolong sangat baik & bisa diseting menjadi 1920 x 1080p 24 fps dan 1280 x 720p 30 fps/24 fps. Hal yang perlu diacungi jempol adalah fitur auto fokus yang tetap berfungsi di mode video walaupun objek yang terekam berpindah-pindah. Kamera ini tercatat sebagai DSLR pertama di dunia yang memiliki fitur ini. Tapi diperlukan lensa dengan suara motor yang halus untuk melakukan fitur ini, karena jika lensa memiliki pergerakan motor yang berisik, suara pergerakan lensa akan terekam juga saat mengambil video. Perlu diingat kalau kamera ini hanya mampu merekam video selama 10 menit setelah itu kita harus merekam kembali (selama 10 menit juga tentunya, begitu berulang-ulang).

Contoh foto Nikon d3100

(menggunakan lensa Kit 18-55mm)

Indonesia's 66th Independence Day

f/8.0 1/1000s ISO : 400 No Flash 18mm

Saat kondisi cahaya cukup foto yang dihasilkan dengan aperture f/8.0 sudah tajam. Tonal warna yang dihasilkan seperti halnya kamera Nikon yang lain, sudah sangat bagus. Kontras & warna foto juga lebih vivid ketimbang DSLR Canon pemula.

DSC_0417

f/3.5 1/3s ISO : 3200 No Flash  18mm

Saat menggunakan ISO tinggi, dipacu hingga 3200 noise yang muncul cukup mengganggu, namun Anda masih bisa menggunakan flash jika ingin menggunakan ISO yang rendah. Foto diatas diambil tanpa menggunakan flash.

Berikut ini adalah tabel spesifikasi Nikon D3100

D3100 Specs

Kesimpulan 

Kamera ini tergolong kamera yang mudah digunakan untuk pemula. Body ergonomis, ringan & enak digenggam menjadi salah satu pertimbangan. Terlebih build quality-nya juga bagus & bertekstur sehingga tidak licin saat digunakan. Dengan sensor 14MP hasil yang ditawarkan juga ukup menjanjikan. Fitur video dalam kamera ini juga “lebih dari cukup” untuk merekam video sehari-hari meskipun durasinya maksimalnya hanya 10 menit per video. Lensa kit 18-55mm yang disediakan dalam paket penjualan juga tidak bisa “diremehkan” kualitasnya.

Yang menjadi batu sandungan adalah Nikon tidak menyediakan motor di dalam body kamera ini sehingga penggunaan lensa hanya terbatas pada seri AF-S. Selain itu burst foto hanya 3fps & tidak memiliki fitur bracketing.

Kamera ini sangat direkomendasikan untuk pemula mengingat kinerjanya yang baik namun dengan harga yang relatif murah. FYI kamera ini sudah ada penerusnya yaitu d3200 yang diperkenalkan tahun 2012 (tunggu review-nya di blog ini).

Terimakasih,semoga membantu

**dilarang keras FULL COPY CUT! Respect me!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s