Phablet & Smartphone dengan kamera terbaik 2013


Belakangan ini fitur kamera pada perangkat selular makin berkembang pesat. Memang semenjak zaman feature phone fitur kamera menjadi hal yang diperhatikan, tapi perkembangannya akhir-akhir ini di zaman smartphone fitur kamera memiliki teknologi yang jauh lebih hebat dari sebelumnya. Jika dahulu fitur fotografi sebuah perangkat selular hanya bertujuan untuk mendokumentasikan & pelengkap kecanggihan sebuah ponsel kini hal itu berubah drastis. Kini fitur kamera selain sebagai pengabadi momen, memudahkan berbagi gambar yang kita ambil juga dianggap penting. Terlebih bagi teman-teman yang gemar berjejaring sosial & tidak mau repot mengambil gambar dengan kamera kompak atau DSLR sekalipun.

Lalu ponsel apa sajakah yang memiliki teknologi kamera tercanggih…? Berikut ini saya buat ulasan berdasarkan 2 kategori. Phablet dengan perangkat diatas 4.7″ & smartphone dibawah 4,7″. Namun fitur yang dibahas disini hanya fitur kamera & pendukung kamera saja. Semoga membantu!

Smartphone dengan kualitas kamera tercanggih

1.   Nokia Lumia 1020

Nokia-Lumia-1020-smartphone.jpg (500×500)

Smartphone bersistem operasi Windows phone 8 ini sampai saat ini merupakan smartphone dengan pixel terbesar sama seperti saudaranya Nokia 808 pureview. Kamera dengan sensor 41 megapixel ini bukan hanya mengandalkan cakupan pixel yang besar namun sensor penangkap gambarnya memang terbilang besar dibanding smartphone lainnya. 2,5x milik iPhone terbaru. Bisa dibilang kualitas kontras, saturasi, ketajaman dan noise yang sedikit menjadi unggulan karena sensor kamera yang lebih besar.

Nokia-Lumia-1020-Nokia-Pro-Camera-settings.jpg (500×500)

setingan pada mode profesional

Nokia tak main-main dengan teknologi fotografi di kamera ini. Ini terbukti dengan adanya fitur Otical Stabilization yang dapat meminimalisir goncangan ketika mengambil foto. Teknologi pureview juga diklaim menampilkan hasil yang tajam dengan kontras & saturasi warna terbaik. Untuk pencahayaan minim kita juga bisa menggunakan Xenon flash yang disediakan. Dan uniknya tak hanya autofocus, kita juga bisa melakukan manual fokus. Dan dalam mode manual kita bisa mengutak-atik teknik fotografi kita layaknya kamera profesional. Seperti mengatur ISO, white balance, diafragma & shutter speed. Tak main-main, Nokia juga menggunakan lensa Zeiss f/2.2 setara 27mm 6 elemen & tombol shutter mekanik (seperti tombol shutter DSLR. Wah!

Kamera depan Nokia Lumia 1020 ini memiliki kekuatan sebesar 1.2MP yang mampu merekam video. Kamera dutamanya sendiri mampu merekam hingga 1080p@30fps.

Dukungan lain :

Selain fitur kamera diatas, Lumia 1020 juga memiliki fitur lainnya yang mendukung performa kameranya. Prosesor yang ditopang dengan kekuatan Snapdragon Dual-core 1.5 GHz & juga layar 4.5 ” dengan teknologi clearback AMOLED dirasa menambah kecanggihan gadget ini. Sedangkan untuk urusan media penyimpanan, handset ini mengandalkan hanya memori internal yang tersedia dalam 2 versi. Versi 32 GB & 64 GB.

Nokia Lumia 1020 - Windows Phone with 41 Megapixel Camera - Nokia - Google Chrome

Aksesoris pendukung fitur fotografi Nokia 1020

Selain itu batere berkapasitas juga menjadi kekuatannya. Jika teman-teman memiliki mobilitas tinggi & sangat membutuhkan daya tahan batere yang mumpuni, Nokia menyediakan Nokia Wireless Charging Cover & Nokia Universal Charger DC-19 untuk menambah daya tahan batere. Bahkan hebatnya Nokia juga membuat aksesoris grip kamera  untuk memudahkan kita menggenggam kamera dalam waktu lama & mengambil gambar dengan tombol shutter sendiri.

contoh foto menggunakan Lumia 1020

contoh foto menggunakan Lumia 1020

Kekurangan :

Sayangnya OS yang digunakan ialah Windows phone 8 yang masih memiliki aplikasi jauh lebih sedikit dibanding iOS & Android. Sehingga banyak aplikasi fotografi yang sudah trend di iOS & Android belum tersedia di handset ini. Jika saja ponsel ini bersistemoperasi Android, pasti akan menjadi keuntungan tersendiri. Huh!

One thought on “Phablet & Smartphone dengan kamera terbaik 2013

  1. Kupikir ada bandingannya dengan fitur Kamera di smartphone lainnya. Ternyata special bahasa Lumia 1020 toh. :v

    BTW, kalau ngejar camera, tetep mending beli “dedicated camera” semacam DLSR dan sejenisnya. Bisa control setting lebih leluasa dari apertur shutter, speed, ISO dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s