Perkembangan Teknologi Fotografi selama tahun 2013


Tinggal menunggu beberapa jam lagi kita akan melepas tahun 2013 dan menyambut tahun 2014. Dalam industri fotografi, tahun 2013 merupakan tahun yang dinamis. Banyak produk, inovasi & sejarah yang berubah dalam industri fotografi. Mulai dari perkembangan jajaran kamera baru, kebangkitan sistem mirrorless, jajaran lensa-lensa yang resmi diluncurkan, mobile fotografi di perangkat ponsel, hingga perkembangan sosial media yang saling berkaitan dengan fotografi. Dalam setahun ini, saya mencoba merangkum evolusi fotografi di tahun ini yang saya rangkum dalam 12 bulan dalam setahun. Namun tentunya tidak semua perkembangan fotografi saya sajikan mendetail di postingan kali ini, namun hanya secara garis besarnya saja yang memang saya rasa sangat penting dalam industri fotografi. Mari kita diskusikan disini.

Januari

Diawal bulan Januari 2013, Samsung menghadirkan dinasti mirrorless-nya dengan mengeluarkan Samsung NX300 & sebuah lensa yang bisa menangkap gambar 3 dimensi namun tetap bisa dipakai sebagai lensa konvensional, Samsung NX 45mm F1.8 2D/3D. Canon mengeluarkan Powershoot N, sebuah kamera poket point & shoot berbentuk  kotak dengan LCD yang bisa diputar 180 derajat. Bahkan kamera ini memiliki wifi built-in untuk memudahkan transfer foto ke perangkat smartphone sehingga bisa disebar melalui social media. Sementara itu Fuji Film mengenalkan mirroless terbarunya, X100S & X20 yang membuat persaingan kamera mirrorless makin sengit.

Di sudut lain Nikon meluncurkan banyak produk baru diantaranya kamera telefoto laras panjang Nikon AF-S Nikkor 800mm f/5.6E FL ED VR & 2 kamera mirrorless terarunya, Nikon 1 S1 Nikon 1 J3. Sony juga mengeluarkan lensa Sony 20mm f/2.8 yang berbentuk pan cake. Diluar itu, produk-produk lainnya seperti kamera point & shoot & banyak lensa juga dikeluarkan di awal tahun 2013.

Februari

Sony melakukan gebrakan luar biasa di segmen smartphone dengan mengeluarkan Sony Xperia Z, smartphone 5″ dengan kamera premium yang tahan air. Samsung juga membuat kamera dengan membuat kamera digital dengan sistem operasi Android. Fotografi ponsel atau mobile fotografi makin berkembang pesat, sosial media instagram mencapai 100 juta pengguna bulan ini. Sony mengeluarkan kamera SLT terbarunya, SLT A-58 & lensa laras panjang terbarunya, Sony 70-400mm F4-5.6 G SSM II yang diklaim lebih cepat dalam menangkap fokus. Nikon D7100 resmi diluncurkan dibulan ini dengan beragam pembaruan dari seri sebelumnya, D7000.

Maret

Canon mengenalkan Canon EOS 100D & EOS 700D. Sudah jelas 700D adalah versi terbaru dari 650D walaupun sangat minim pembaruan teknologi. Namun 100D…? Canon tidak mengupgrade DSLR pemulanya 1100D yang sudah sejak 2011 diperkenalkan tapi malah membuat pangsa pasar baru dengan Canon 100D yang ukurannya tak lebih dari 70% bodi 700D & merupakan DSLR terkecil sampai saat ini.

Nikon resmi memasarkan lensa AF-S Nikkor 80-400mm f/4.5-5.6G ED VR. Sementara HTC melakukan gebrakan radikal dengan mengeluarkan HTC One. Smartphone premium ini hanya memiliki resolusi setara 4 mega pixel, namun jangan salah HTC menggunakan teknologi ultra piksel yang diklaim mampu menghasilkan gambar lebih terang, tajam & memiliki range warna yang baik walau di kondisi minim cahaya sekalipun. HTC One memiliki desain & fitur premium, pesaing terberat Xperia Z & Galaxy S IV.

April

Samsung menunjukan taringnya di kancah mirorrless dengan meluncurkan Samsung NX 1100. Sementara Sigma mengeluarkan lensa yang “tidak biasa”. Sigma 18-135 F1.8 DC HSM merupakan lensa premium dengan diagragma terbesar di kelasnya. Ricoh mengeluarkanRicoh GR yang merupakan kamera pertama pasca mergernya Pentax-Ricoh.

Mei

Hanya ada sedikit pembaruan bulan ini. Olympus mengupgrade lensa 4/3-nya dengan mengeluarkan Olympus PEN E-P5. Canon melakukan inovasi baru dengan mengeluarkan Canon EF 200-400mm f/4L IS USM Extender 1.4x. Lensa ini merupakan lensa laras panjang premium yang dalam bodinya tersemat extender 1.4x yang membuat lensa ini setara dengan lensa dengan fokal length 280-560mm.

Juni

Leica C Vario merupakan kamera digital dengan sensor APS-C pertama di dunia. Kamera ini tidak bisa berganti lensa & lensa berskala 18-46mm yang ada di dalam bodinya mencakup 28-70mm dengan ekuivalen 35mm sebenarnya. Cocok buat teman-teman yang ingin merasakan “sensasi” Leica namun tidak mau ribet dengan sistem lensanya.

Pentax menghadirkan jajaran kamera pemulanya (sudah direview di blog ini). PEntax K-50 & K-500 serta mirrprless berukuran mini Pentax Q7. Sony mengeluarkan 2 kamera kompak di kelas premium, DSC-RX100 II & DSC-RX1R. Menariknya DSC-RX1R memiliki sensor 35mm alias fullframe. Hebat! Fuji film meluncurkan X-M1 sebagai mirrorless untuk kelas pemula & antusias.

Sekali lagi! Samsung melakukan gebrakan dengan membuat kamera mirrorless dengan OS Android. Samsung Galaxy NX memiliki layar paling lebar dari semua kamera digital yaitu 4.8″. Menariknya ia juga memiliki viewfinder & bodinya seperti DSLR namun jauh lebih tipis.

Juli

Dibulan ini Canon resmi meluncurkan EOS 70D sebagai pengganti 60D & menjadi pesaing terberat Nikon D7100. Panasonic juga mengumumkan Panasonic Lumix DMC-FZ70, kamera super zoom prosumer-nya yang mampu mencakup 20-1200mm atau setara 60x zoom.

Agustus

Jajaran lensa limited edition Pentax diluncurkan, diantaranya HD Pentax DA 21mm F3.2 AL Limited, HD Pentax DA 15mm F4 ED AL Limited, HD Pentax DA 35mm F2.8 Macro Limited, HD Pentax DA 40mm F2.8 Limited, & HD Pentax DA 70mm F2.4 AL Limited yang merupakan lensa premium di kelasnya. Tak hanya itu Nikon juga meluncurkan lensa all around-nya Nikon AF-S DX Nikkor 18-140mm f/3.5-5.6G ED VR, sedangkan Canon mengupgrade teknologi lensa telefotonya dengan teknologi STM yaitu dengan diluncurkannya Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS STM.

Sementara itu Canon mengupgrade kamera poket uniknya menjadi “Canon PowerShot N Facebook ready” yang sudah terintegrasi dengan layanan facebook. Sedangkan Sony juga meluncurkan mirorrless kelas atasnya, Sony Alpha NEX-5T. Sony juga meluncurkan Sony Alpha A3000, sebuah kamera mirorrles namun berbentuk DSLR mini dengan E-Mount.

September

Sony sekali lagi menjadi pionir inovasi teknologi fotografi. Sony lensa eksternal smartphone. Yah smartphone! lensa yang dapat mengambil gambar meski tidak ditempelkan pada smartphone karena menggunakan teknologi koneksi tanpa kabel. Lensa Sony Cyber-shot DSC-QX10 dapat mencakup 15-250mm dengan resolusi 18megapixel. Sedangkan Sony Cyber-shot DSC-QX100 dapat mencakup 28-100mm dengan resolusi 20 megapixel. Tak tanggung-tanggung lensa smartphone ini Sony menggandeng Zeiss optic’s sebagai kekuatannya. Leica juga membuat kamera poket Leica C (Typ112). Di industri smartphone iPhone 5s & 5c dihadirkan dengan berbagai pembaruan di sektor fotografi.

Sedangkan di ranah mirrorless, Olympus OM-D E-M1 muncul sebagai jawaban atas kebutuhan mirrorless kelas atas. Kamera mirrorless profesional itu bahkan di Indonesia dijual dengan harga Rp19.5juta. Nikon membuat kamera mirrorless tahan air beserta 2 lensanya yang tahan air juga, Nikon 1 AW1. Kedua lensa tersebut ( Nikkor AW 11-27.5mm f/3.5-5.6 & Nikkor AW 10mm f/2.8) dibuat khusus untuk Nikon AW1.

Oktober

Nikon membuat D610 sebagai jawaban atas mekanisme fokus (yang sering bercampur noda mesin) namun dengan update teknologi baru yang tidak terlalu spesifik. Tak hanya itu, Nikon juga meluncurkan D5300 dengan built in wifi & gps, dari sisi fitur lagi-lagi tak ada update spesifik dari seri sebelumnya, D5200. Sedangkan di sudut lain Pentax juga tak mau ketinggalan disektor enthusiast DSLR dengan meluncurkan Pentax K-3 yang tahan cuaca ekstrim. Zeiss Otus 1.4/55 juga diluncurkan untuk mounting EF & FX.

Sony menjadi pionir membuat mirrorless fullframe. Yah fullframe! Sony Alpha 7R & Sony Alpha 7 merupakan mirrorless dengan sensor terbesar sampai saat ini. Mounting lensa yang digunakan adalah E-Mount yang digunakan juga di Sony NEX.

November

Setelah membuat penggemar fotografi penasaran dengan rumor yang ada tentang kamera “digital fusion” yang dikabarkan akan diluncurkan Nikon dalam waktu dekat, akhirnya semua itu terjawab dengan dimunculkannya Nikon Df. Kamera DSLR fullframe dengan tampilan retro yang membuat pecinta fotografi kembali ke nostalgia era fotografi negatif film. Di bulan ini Sigma juga meluncurkan lensa super telefoto, Tamron SP 150-600mm F/5-6.3 Di VC USD.

Desember

Tidak terlalu banyak kejutan di penghujung tahun. Canon yang dirumorkan akan meluncurkan EOS M seri 2 ternyata belum terwujud di tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s