Rekomendasi Lensa Daily Zoom Berbukaan Kecil


Bosan dengan lensa kit atau ingin lensa yang cocok disegala event? Nah lensa daily zoom jawabannya! Lensa daily zoom adalah lensa yang memiliki rentang zoom yang sering digunakan di berbagai event harian, bisa wide, bisa semi telefoto. Lensa ini biasanya memiliki rentang antara 18-70mm. Namun rentang zoom saja tidak cukup, bukaan yang besar juga dirasa perlu untuk menimalkan ISO namun dengan shutter speed yang masih cepat. Maka dari itu saya membuat artikel ini. Saya mencoba mengkomparasi lensa daily zoom. Mulai dari yang low budget sampai premium budget. Mulai dari primeparty atau lensa thirdparty. Semua saya coba rangkum disini. Namun teman harap bersabar, dalam waktu dekat saya baru merangkum lensa merk Tamron & Sigma saja terlebih dahulu.

TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II LD Asp APS C Rp3.2jt

Lensa ini ukurannya tidak terlalu besar, tidak juga terlalu kecil. Build qualitynya mantap, bodynya tidak berbahan plastik & ulir karetnya sangat nyaman ketika digunakan. Disediakan zoom lock di rentang 17mm supaya fokusnya tidak bergerak sendiri ketika digunakan. Sayangnya lensa ini hanya dapat digunakan di kamera APS-C.

Bukaan besar diafragmanya sebesar 2.8 & tidak berubah disegala rentang zoom. Pencarian fokusnya juga terbilang cepat. Untuk Anda yang ingin mengganti lensa kit bawaan kamera Anda dengan lensa berbukaan besar, saya sangat merekomendasikan lensa ini. Tapi jika fitur anti guncang (VC) menjadi pertimbangan, ada baiknya membeli lensa 17-500 versi VC-nya. Harganya pun tidak terlampau jauh berbeda.

perbandingan Tamron 17-50 non-VC vs VC (kanan)

TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II VC LD Asp (IF) – APS C Rp4.6jt

Lensa ini tidak jauh beda dengan versi non-VC-nya, namun ukurannya lebih besar. Lock zoom juga disediakan. Diameter filternya 77mm sedangkan versi non VC 67mm. Fitur VC sangat membantu ketika menggunakan shutter speed kecil namun hasilnya tidak terguncang. Hanya saja banyak yang berpendapat bahwa versi non-VC lebih cepat dalam hal autofokus.

 

TAMRON 28-75 F/2.8 XR Di LD – Fullframe/APS-C Rp4.6jt 

Dari segi rentang zoom memang lensa ini tidak terlalu mendukung buat Anda yang menyukai fotografi lanskap karena rentang terlebarnya hanya 28mm. Tapi sisi baiknya lensa ini cocok untuk potrait & beragam event karena sudut sempitnya mampu mencakup 75mm. Aperture maksimalnya 2.7 dan bersifat tetap di semua rentang zoom. Bukaan sebesar ini sangat cocok menciptakan blur pada background bahkan bokeh yang cantik. Dengan bukaan sebesar ini juga kita hanya butuh ISO yang rendah di kondisi yang kurang cahaya.

Front Lens Cap

Fitur anti guncang (Vibration Redcution) tidak disediakan, namun dengan bukaan yang besar hal itu dirasa tidak terlalu bermasalah terlebih dengan harga yang menurut saya pribadi lebih murah dibanding kompetitor lain. Ukurannya juga lebih kecil karena menggunakan teknologi XR (Extra Refractive Glass). Barel zoomnya memang terbuat dari plastik namun sejauh ini masih terasa nyaman digenggam.  Lensa ini bisa digunakan di kamera fullframe atau APS-C. Sebuah pertimbangan investasi jikalau nantinya teman-teman upgrade body ke versi fullframe.

 

Untuk versi Sigma, ada satu lensa yang belum saya coba secara langsung, mohon teman-teman bersabar. Saya akan perbaharui secepatnya🙂

One thought on “Rekomendasi Lensa Daily Zoom Berbukaan Kecil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s