Perbedaan Sensor CCD & CMOS


http://tommyutomo.files.wordpress.com/2011/07/arrow2.gif?w=16 Instagram facebook like

 

Posting ke 4 nih guys..

Kalau di postingan sebelumnya gue cuman mengenalkan 2 jenis sensor yang ada pada Digital SLR. Nah karena berhubung barusan juga sudah janji bakal ngejelasin, langsung buru-buru aja deh Googling sebentar hehehehhe 😀

Tadi sih gue udah Googling-googling, seperti biasa gue sharing disini pake bahasa gue sendiri yah, yang 1/4informal, 3/4 formal & abformal sisanya.

Jadi intinya sensor CMOS dan CCD adalah suatu bagian dari kamera yang berbentuk chip yang fungsinya mengubah cahaya menjadi elektron supaya bisa di simpan dan di proses oleh kamera itu sendiri. CMOS & CCD keduanya merupakan sensor yang berisi jutaan pixel untuk menangkap foton cahaya.

Lalu, apa bedanya ?

Nah mungkin lo semua juga nanya hal yang sama kaya gue guys, gue pun sebenarnya masih sedikit kurang faham, mohon maaf yah kalo ada kesalahan info.

Sensor CMOS (complementary metal oxide semiconductor)

https://i1.wp.com/kamera-gue.web.id/wp-content/uploads/2010/02/cmos.gif

Plus :

  • praktis, keping sensor sudah termasuk rangkaian ADC (camera on a chip)
  • hemat daya berkat integrasi sistem
  • kecepatan proses responsif  (berkat parralel readout structure)
  • tiap piksel punya transistor sendiri sehingga terhindar dari masalah smearing atau blooming

Minus :

  • proses pematangan teknologi (untuk menyamai kualitas CCD perlu biaya besar)
  • piksel dengan transistor didalamnya menurunkan sensitivitas piksel (area penerima cahaya menjadi berkurang)
  • piksel yang mampu mengeluarkan tegangan sendiri kurang baik dalam hal keseragaman kinerja (uniformity)

Baca lebih lanjut

Iklan