Memahami Focal Length


focal length

Dalam dunia fotografi dikenal istilah focal length. Lalu apa itu focal length & seberapa penting ia…? Sangat penting!

Field of View

Focal Length atau dalam Bahasa Indonesia disebut juga Panjang Focal adalah jarak dari sebuah sensor kamera (baik digital ataupun konvensional) ke inti sebuah optik lensa. Atau secara gampang focal length adalah kemampuan sebuah lensa untuk menangkap suatu objek. Baik objek lebar maupun objek sempit (mendetail) untuk ditangkap ke sensor & diolah oleh kamera.

Sebelum mempelajari focal length ada baiknya teman-tema mempelajari artikel yang sudah saya buat tentang Jenis-Jenis Lensa pada Kamera DSLR  &  Perbedaan Fullframe & APS-C.

Selain itu sebagai maniak dunia fotografi ada baiknya kita tidak hanya membaca teori, teori & teori yang memusingkan kepala. Let’s Photo talk…!

focal length figure
Foto diatas merupakan diagram suatu focal length dapat memasukan berapa cakupan (dalam perbandingan 360 derajat) objek yag dapat dimasukan ke dalam frame kamera.
Tapi sebelum itu ingat, Frame kamera terbagi atas beberapa jenis! Diantaranya adalah Fullframe & APS-C. Jika belum mengerti silahkan baca postingan sebelumnya tentang perbedaan sensor kamera di blog ini.
Misalnya, APS-C di frame Nikon memiliki perbesaran 1,5x. Jadi misalkan kita ambil contoh sebuah lensa yang memiliki focal length sebesar 18mm jika dipasangkan di DSLR bersensor fullframe (FX) akan memiliki kekuatan focal sebesar 18mm & dapat mencakup 100 derajat objek yang dapat dimasukan ke frame fullframe.
Namun bagaimana dengan frame APS-C. Kita ambil sensor APS-C Nikon (DX) memiliki perbesaran 1,5x. Maka lensa 18mm tersebut jika dipasangkan ke kamera bersensor APS-C (DX) maka akan memiliki jangkauan fokal sebesar 27mm (1,5 x 18mm) dan dapat memasukan objek dalam frame sekitar 74 derajat yang ada didepannya.

Bagaimana ? Sudah Mengerti?

Hah! Belum juga! OK, perhatikan animasi sederhana buatan saya ini. Semoga lekas mengerti🙂

Animasi focal length

5 thoughts on “Memahami Focal Length

  1. Ping balik: Jenis-Jenis Kamera di Era Digital « tommyVotoGraph Blog's. . . . . . . .

  2. Ping balik: jenis jenis kamera « the sadness separate the mind

  3. Ping balik: Perbedaan Kamera Fullframe & APS C | Tommy Votograph

  4. Ping balik: Jenis-Jenis Kamera Analog | Nindiismanf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s